Daihatsu Copen bentuk mini dan nyaman dikendarai

Daihatsu Copen bentuk mini dan sangat nyaman saat dikendarai

Salah satu Mobil mini sport yang menawarkan penggunanya untuk merasakan mengendarai mobil di alam terbuka dengan fitur atap yang dapat ditutup dan dibuka yaitu Daihatsu Copen

Daihatsu menjadi satu-satunya pabrikan yang menjual model convertible dua pintu di Indonesia. Melalui Daihatsu Copen, produsen berlambang D besar ini menyasar penghobi roda empat yang suka berjalan-jalan santai namun dengan mobil yang nyaman dikendarai.


Welcome to Autocantabria followers

Bentuknya compact, dalam artian tidak begitu besar, juga begitu kecil. Lewat atap soft top-nya yang bisa dibuka atau tutup, menambah kesan kemewahan dan elegan pada mobil ini.

  • Eksterior

Untuk urusan spesifikasi Copen, rasanya pamali apabil mas Sena tidak mendahulukan urusan fisik. Dilihat dari sudut manapun, mobil ini mengamini konsep fun and styling yang di bawanya.

Bagaimana tidak,  Dengan body yang cenderung bulat dengan sudut tajam di samping kanan kiri membuat orang akan kagum dengan style yang dibawanya. Itupun didukung dengan konsep dual-tone color body.

Artinya, konsep fun dan stylish ini akan semakin melekat pada tuan Daihatsu ini dengan pilihan warna bodi yang dipadu dengan warna hitam sebagai paduannya.

Sekilas, nampak bentuk bodi Copen ini, memberikan kesan mengecil dari depan ke belakang yang terlihat menyenangkan apabila dibandingkan dengan mobil-mobil “kotak” masa kini.

Untuk urusan tampilan depan, Daihatsu ini menawarkan unsur sporty yang apabila dilihat dari spion pengendara di muka akan membuat kesan mewah ala mobil sporty biasanya.

Tentu saja, kesan tersebut muncul dari paduan bentuk headlamp yang tajam pada sudutnya, dengan jarak melebar pada tepian bodi plus ditambah aksen grill yang elegan.

Selain itu, untuk menambah kesan mewah,  Copen ini juga dibekali atap dengan sistem Electric Convertible Roof yang secara singkat mampu membuka dan menutup layaknya mobil mewah lainnya.

Jadi pengemudi Daihatsu ini, dapat merasakan sensasi stylish berkendara baik saat atap dibuka maupun ditutup. Rasanya dari spesifikasi Daihatsu ini pada bagian body saja sudah mampu membuat pecinta mobil mini sporty ngiler untuk mendapatkannya.

Baca juga :  Mobil Alphard 2020 yang super mewah

  • Desain

Secara global, Daihatsu meluncur pada tahun 2014 di Jepang. Astra Daihatsu Motor (ADM), sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia, memberanikan diri menjualnya tidak lama setelah diluncurkan.

Sejauh mata memandang, gaya mobil yang diusung  Copen adalah mobil mini sport. Bentuknya pun tak kalah dengan mobil lain dari pabrikan Jerman. Sekilas kalau melihat desain bumper-nya mirip dengan Daihatsu Ayla generasi pertama. Lebih lanjut pada bagian kaca, ada pilar yang dilabur warna gelap yang membuat serasi paduan warna body-nya.

Selebihnya bila memandangnya dari belakang, Daihatsu punya tampilan menarik. Desain belakangnya ini memunculkan aura sporty yang sangat khas lewat model lampu, serta diffuser-nya khas mobil-mobil sedan berperforma tinggi.

  • Mesin

Selain bentuk keseluruhan yang mungil, ternyata dapur pacu Daihatsu Copen juga terbilang kecil. Tapi jangan salah, kecil-kecil begini cabe rawit lho. Di balik kap mesinnya ada mesin 600 cc DOHC 3 silinder yang dilengkapi dengan intercooler turbo.

Sesuai spesifikasinya, mesinnya itu mampu menghempaskan tenaga sebesar 64 PS pada 6.400 rpm dan torsi maksimum 92 Nm yang dicapai pada 3.200 rpm. Selain torsinya yang besar dapat diraih pada putaran mesin rendah, Sistem Electronic Fuel Injection (EFI) pada mesin juga bisa membuat konsumsinya irit.

Dayanya tersebut disalurkan hanya pada transmisi manual 5 percepatan saja.