Mobil klasik Duetto Spider memiliki sejarah

Mobil klasik Duetto Spider memiliki sejarah yang panjang

Mobil klasik Alfa Romeo Spider merupakan mobil roadster yang mempunyai dua tempat duduk, mesin depan, penggerak belakang yang diproduksi dan dipasarkan oleh Alfa Romeo dari tahun 1966 hingga 1994 dalam empat seri berbeda, masing-masing dengan modifikasi mulai dari yang sederhana hingga yang luas. Dan untuk tenaga mesin nya hampir setara dengan yang namanya mobil balap

Mobil klasik Duetto Spider memiliki sejarah

Sebagai penerus Giulia Spider, Spider tetap berproduksi selama hampir tiga dekade. Tiga seri pertama dirakit oleh Pininfarina di Grugliasco dan seri keempat di San Giorgio Canavese. Spider terakhir diproduksi pada April 1993 – penggerak roda belakang terakhir Alfa Romeo sebelum Alfa Romeo 8C Competizione tahun 2007.

Pada 2012, FCA Italy dan Mazda mempelajari kemungkinan bersama-sama mengembangkan Spider baru untuk 2015 berdasarkan platform Mazda MX-5. Pada akhirnya, FCA dan Mazda memilih untuk memproduksi interpretasi modern dari Fiat 124 Sport Spider daripada menghidupkan kembali Alfa Romeo Spider.


Welcome to Autocantabria followers

Pada tahun 1962 Alfa Romeo memperkenalkan Giulia 105-seri baru, yang pertama kali melengkapi dan kemudian menggantikan Giulietta 101-seri. Varian sport Giulietta tetap dijual selama beberapa tahun lagi, ditingkatkan ke mesin 1,6 liter Giulia dan rebadged Giulia, sampai varian analog dari model-model baru siap.

Dengan demikian Giulia Spider 1600 dan Giulia Spider Veloce yang berbasis Giulietta diproduksi masing-masing dari tahun 1962 hingga 1965 dan dari 1963 hingga 1965. Didasarkan pada mekanik Giulia, termasuk twin cam Alfa Romeo inline-empat, suspensi depan dan belakang gandar solid yang independen, dan konstruksi unibody, menggabungkan prinsip-prinsip zona crumple yang relatif baru ke depan dan belakang. Menyusul evolusi varian olahraga Giulia lainnya, Spider ditenagai oleh mesin 1,6 L, kemudian menerima 1.750 cc, kemudian 1.300 cc, dan akhirnya mesin 2.000 cc. Tidak seperti turunan Giulia lainnya, produk ini ditingkatkan dan terus dijual selama empat dekade, hingga tahun 1990-an.

Adapun pendahulunya Giulietta Spider, perusahaan Italia Pininfarina bertanggung jawab atas desain, pembuatan tubuh, serta perakitan akhir. Laba-laba 1600 adalah proyek terakhir di mana pendiri Battista Pininfarina terlibat. Direktur desain Pininfarina pada waktu itu adalah Franco Martinengo.

Giulia GT Spider 1963 dimaksudkan sebagai pengganti Giulia Spider yang dirancang Pininfarina. Centro Stile Alfa Romeo dan Bertone mempresentasikan proposisi untuk mobil sport dua tempat duduk yang dikembangkan antara tahun 1962 dan 1963. Tipe sasis 105,03 sama dengan Spider “Duetto” masa depan. Mobil klasik itu dirancang oleh Ernesto Cattoni dan direalisasikan oleh Bertone. Gaya keseluruhan sangat mirip dengan Giulia, yang dirancang versi Giulia, tetapi pada sasis yang lebih pendek. Mobil itu tidak pernah diproduksi dan tetap menjadi prototipe, dengan bantalan s / n 002.

Bentuk laba-laba 1966 asli adalah hasil dari sejumlah studi desain Pininfarina, mobil konsep yang menunjukkan sifat-sifat yang tergabung dalam desain produksi akhir. Yang pertama adalah Alfa Romeo Superflow, sebuah mobil konsep yang dibangun di atas sasis pensiunan mobil balap 6C 3000 CM dan pertama kali ditampilkan di Pameran Motor Turin 1956. Meskipun menjadi coupe aerodinamis dengan sirip yang menonjol di bagian belakang, dan rumah kaca semua-plexiglas futuristik dan sayap depan, Superflow sudah menunjukkan bentuk tubuh keseluruhan Spider masa depan dan kerang di samping.

Pada tahun-tahun berikutnya Superflow diperbarui tiga kali menjadi tiga mobil konsep yang lebih berbeda, yaitu Superflow II, kemudian laba-laba open-top dan akhirnya Superflow IV yang lain. Yang paling signifikan dalam sejarah desain Spider adalah yang kedua, Alfa Romeo Spider Super Sport terbuka atas, ditampilkan di Geneva Motor Show 1959. Ia melakukannya tanpa sirip belakang Superflow dan Superflow II, menunjukkan untuk pertama kalinya konfigurasi ekor dan ekor cahaya berbentuk bulat-bundar dari Laba-laba. Cikal bakal Spider’s adalah Alfa Romeo Giulietta SS Spider Aerodinamica yang bermarkas di Giulietta Sprint Speciale, yang ditayangkan perdana di Pameran Motor Turin 1961. Bentuknya mirip dengan mobil produksi, tetapi untuk lampu depan tersembunyi.

Baca juga :  Harga honda brio terbilang murah

Meskipun desain yang hampir final telah siap pada tahun 1961, kesuksesan model yang ada dan tantangan ekonomi yang dihadapi Italia pada saat itu berarti bahwa laba-laba produksi pra-peluncuran pertama mulai muncul dari jalur produksi Pininfarina hanya pada akhir tahun 1965.